Sunday, January 31, 2016

Jangan Biarkan Laptop/PC Tidak Hidup Terlalu Lama

computer off


Bagi anda para pemilik laptop atau personal computer (PC)/ desktop, jangan biarkan mereka menganggur terlalu lama atau tidak dihidupkan dalam rentang waktu yang agak panjang. Karena ini bisa membuat laptop ada masalah sedikit.


Seperti ini masalahnya
Masalah yang muncul ketika anda tidak pernah menghidupkan perangkat ini, misalnya tidak dihidupkan selama seminggu atau dua minggu maka akan timbul bunyi seperti "tiiiiiiiittttt". Ya kira-kira begitulah bunyinya.




"Ada bunyi tiiiiiittttt yang
tidak enak didengar"





Bunyi yang timbul ini memang tidak enak didengar dan bukan hanya bunyi masalah satu-satunya. Masih ada lagi tambahan masalah yaitu dilayar bahkan tidak muncul gambar ataupun secercah cahaya sama sekali.
#Tombol-tombol pada keyboard komputer yang jarang digunakan


Pengalaman dua kali kejadian

#Pertama, PC ditinggal dalam waktu 2 minggu
Saya pernah mengalami kejadian seperti itu dua kali. Pertama ketika saya pulang kampung ke Bali dari Jogja (saya kuliah di Jogja dulu). Ketika itu saya pulang 2 minggu. Dan ketika balik lagi ke kos di Jogja dan mencoba menghidupkan PC, timbul bunyi tiitt tadi dan tidak ada gambar yang muncul pada monitor.

Akhirnya untung ada teman yang ahli dalam PC, dia mengatakan RAM atau memorinya harus dicabut dulu dan bersihkan sedikit.

Saya bongkar dulu CPU dan mencabut RAM-nya. Setelah itu RAM saya bersihkan dengan tissue terus dipasang kembali pada rumahnya.

Tapi sebelumnya jangan lupa bahwa kondisi CPU harus dalam kondisi "off/mati" dan kabel powernya juga harus dicabut dulu. Setelah ram dipasang kembali, barulah CPU dihidupkan lagi..

Komputerpun saya hidupkan dan jreennnggggg....

  • bunyi tiiittt itu kabur dan tidak pernah menampakkan batang hidungnya lagi
  • layar pun tampil seperti biasa dan bisa digunakan untuk bermain game lagi, hehehe..
#Kenapa orang-orang betah bermain game??


#Kedua, terjadi pada laptop
Kemudian yang kedua adalah laptop. Adik saya nitip laptop ditempat saya karena ia akan pergi keluar kota dalam waktu lama.

  • Laptop tersebut lupa saya hidup-hidupkan dalam jangka waktu seminggu lebih.
  • Ketika saya hidupkan, timbul bunyi yang sama, tiiitt.
  • Kemudian saya matikan lagi laptop-nya dan dihidupkan kembali. Untungnya laptop berfungsi dengan baik kembali.
#Game-game menarik yang bisa meningkatkan skill anda dalam bekerja


Kesimpulan
Jadi berdasar pengalaman itu, saya tidak pernah lagi membiarkan laptop terlalu lama menganggur dan kebanyakan saya pakai untuk aktivitas nge-blog ini..

Atau paling lama laptop tidak saya hidupkan selama 3 hari dan itupun sangat jarang terjadi. Karena hampir setiap hari laptop saya on dan memang harus hidup agar saya bisa menulis dan mencari penghasilan lewat internet... hehehehe...

So.. don't let your computer sleeps to long ya!!!!



Baca juga :

  1. Beberapa kemampuan dasar komputer yang harus dikuasai
  2. Tips bagi yang sering bekerja di depan komputer
  3. 6 aplikasi wajib ada pada komputer anda


reff : http://puteka85.blogspot.com/2013/05/jangan-biarkan-laptoppc-tidak-hidup.html


Related Post


Loading...

No comments:

Post a Comment