Tuesday, February 2, 2016

Cara Atasi Smart Billing Server dan Client Koneksi Terputus

Smart Billing buatan gwarnet yang digunakan oleh GWarnet di seluruh indonesia terkadang punya problem "smart billing client dan server koneksi terputus".

Baca Juga:Tutorial Lengkap Install Smart Billing G-Warnet di Windows XP/7(step-by-step)

Tentunya, sebagai operator atau owner warnet - Anda akan panik dan yang lebih sial lagi jika pelanggan warnet sepi dan pulang karena masalah ini. Inilah yang terjadi barusan di MazagenaNET, Smart Billing Server Koneksi Terputus dan muncul ikon tanda silang pada komputer klien.
Smart Billing Putus Koneksi
Sebagai owner dari GWarnet MazagenanNET, saya langsung terjun langsung tangani masalah koneksi terputus smart billing ini. Masalah smart billing ini sudah yang kedua kalinya terjadi tapi kali ini berbeda karena smart billing server dan client error. Langkah yang saya coba untuk atasi masalah koneksi terputus di smart billing sebagai berikut:

1. Cek Modem Speedy dan RouterBoard Mikrotik 750

Periksa koneksi modem speedy Anda, jangan sampai ada yang hack modem speedyatau mengubah user name dan password modem speedy. Coba periksa Mikrotik RB 750Anda, jangan sampai kabel power tidak tercolok atau kabel LAN tidak bermasalah.

2. Periksa semua kabel LAN

Cek satu-per-satu kabel LAN, jangan sampai RJ-45 mengalami trouble atau tidak tercabut - baik itu kabel LAN yang ke server smart billing dan client smart billing.

3. Settingan UAC (jika menggunakan windows 7) dan Firewall di komputer server dan klien.

Nah, ternyata setelah saya cek semua point 1 dan 2 tidak ada masalah - saya kemudian mencoba untuk periksa setting non-aktif atau tidak UAC di Windows 7dan setting firewall windows di komputer klien dan server. Masalah koneksi terputus smart billing ini karena firewall disisi server.

4. Setting ulang IP Client di Smart Billing Server.

Setelah disable firewall windows di smart billing server, saya konfigurasi ulang IP di komputer server smart billing dan berhasil.

Anda juga punya masalah seperti mazagenaNet? silahkan isi komentar di bawah.

sumber gambar: facebook.com


reff : http://tutgwarnetgold.blogspot.com/2014/12/cara-atasi-smart-billing-server-client-putus-koneksi.html


Related Post


Loading...

5 comments:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=JcxFiVL_A4g

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara Atasi Smart Billing Server Dan Client Koneksi Terputus .:: Tips, Trik Dan Tutorial Seputar Dunia Komputer >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Cara Atasi Smart Billing Server Dan Client Koneksi Terputus .:: Tips, Trik Dan Tutorial Seputar Dunia Komputer >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Cara Atasi Smart Billing Server Dan Client Koneksi Terputus .:: Tips, Trik Dan Tutorial Seputar Dunia Komputer >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 0C

      Delete
  2. https://www.youtube.com/watch?v=_szajfgtu5s

    ReplyDelete
  3. terima kasih banyak ,. sangat membantu sekali , artikel yang mantap

    ReplyDelete
  4. gmna cara seting ulang ip server smart billing bg??

    ReplyDelete